Senin, 11 Februari 2008

KRI TELUK HADING SELAMATKAN DUA ABK KM LCT LESTARI ABADI 05

Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), yakni KRI Teluk Hading-538 dengan Komandan Mayor Laut (P) Darmawan Setyo Utomo, yang tengah dalam pelayaran usai mengikuti latihan puncak TNI AL Armada Jaya XXVII, Kamis (7/2) sore menyelamatkan dua Anak Buah Kapal (ABK) KM LCT Lestari Abadi 05 yang terapung-apung di perairan utara Jepara, Jawa Tengah, setelah kapal yang ditumpanginya tenggelam akibat cuaca buruk.

Dua ABK tersebut yang diketahui bernama Didik Muranggi (34) dengan jabatan Mualim II dan Hardi Simon (24) dengan jabatan juru mudi, kemudian dibawa ke Dermaga Kolinlamil, untuk ditangani tim Medis Dinas Kesehatan Kolinlamil sambil menunggu agen kapal tersebut.

Menurut keterangan korban, KM Lestari Abadi 05 dinahkodai oleh Aspari Prawansa (31) dengan ABK sejumlah dua belas orang. Kapal dengan rute Jakarta-Banjarmasin-Samarinda tersebut bertolak dari Jakarta menuju Samarinda pada tanggal 5 Februari 2008 dengan membawa muatan alat berat. Ditengah pelayaran, tepatnya di perairan sekitar Karimun Jawa, pukul 00.20 WIB Rabu dinihari kapal tersebut mendapat hantaman gelombang tinggi yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam.

Sementara itu dari ke dua belas ABK sepuluh lainnya belum diketahui nasibnya, termasuk nahkoda kapal. (Dispenkolinlamil)

Tidak ada komentar: